PENERAPAN PSIKOEDUKASI DALAM PENANGANAN STRESS AKADEMIK PADA SISWA DI SMA N 1 SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Nafisah Itsna Hasni Politeknik Negeri Indramayu
  • Evi Supriatun
  • Sari Artauli Lumban Toruan

DOI:

https://doi.org/10.31884/nadimas.v2i1.21

Keywords:

Siswa, Stress akademik, Psikoedukasi

Abstract

Sektor pendidikan selalu dikaitkan dengan faktor pembentuk kualitas sumber daya manusia (SDM) di suatu wilayah/negara. Dalam kaitannya dengan dunia ketenagakerjaan (employment), kualitas pembentukan SDM akan berimplikasi positif terhadap kualitas keperilakuan (behaviour) dan keterampilan (skills). Oleh karena itu, banyak pemangku kebijakan di suatu wilayah/negara memandang bahwa sistem pendidikan (termasuk di dalamnya soal kinerja tenaga pendidik/guru) merupakan aspek vital yang harus dipelihara perkembangannya.

Interaksi siswa SMA dengan tuntutan tugas-tugas, keterampilan, dan perilaku menyebabkan siswa menjadi stres. Stres yang dialami siswa disebut dengan stres akademik. Stres akademik disebabkan oleh academic stressor yang muncul dalam proses belajar mengajar atau aktivitas lain yang berhubungan dengan kegiatan belajar, seperti tekanan untuk naik kelas, durasi belajar, kecemasan menghadapi ujian, banyaknya tugas yang harus diselesaikan, nilai yang jelek, birokrasi yang rumit, keputusan menentukan jurusan dan karir, dan manajemen waktu.

Minimnya pengetahuan, pengalaman, dan dukungan sosial terhadap kebutuhan psikologis siswa sering membuat siswa kehilangan kemampuan dalam mengatasi masalah-masalah serta kurangnya pengetahuan melakukan problem focused coping atau emotion focused coping daripada menghindar cenderung menunjukkan tingkat kebahagiaan yang tinggi. Sehingga perlunya menunjukkan bahwa individu yang menggunakan strategi coping aktif, baik dalam problem focused coping maupun emotion focused coping, mengalami subjective happiness yang lebih tinggi daripada individu yang menggunakan pendekatan pasif. Oleh sebab itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan manajemen stress untuk meningkatkan kemampuan siswa SMA Negeri 1 Sliyeg dalam mengatasi stress akademik yang dialami secara lebih adaptif.

 

Kata Kunci: siswa, stress akademik, pelatihan manajemen stres

Published

13-06-2023

Issue

Section

Articles