Fokus dan Ruang Lingkup
Pedoman Penulisan
Etika Publikasi Ilmiah
Dewan Editor
Aturan Umum Pengajuan NADIMAS
Bahasa
Bahasa yang digunakan pada Jurnal NADIMAS adalah Bahasa Indonesia.
Gaya
Naskah harus diatur dalam urutan berikut: Judul; penulis dan afiliasi; abstrak dan kata kunci; inti jurnal; acknowledgement (jika ada); referensi; lampiran (jika ada).
Abstrak
Abstrak tidak boleh lebih dari 150 kata. Abstrak harus menyatakan secara singkat state-of-the-art, kesenjangan penelitian, tujuan penelitian, metode, hasil utama dan kesimpulan utama. Abstrak seringkali disajikan terpisah dari artikel, sehingga harus dapat berdiri sendiri. Untuk alasan ini, Referensi harus dihindari, tetapi jika penting, sebutkan penulis dan tahun. Juga, singkatan yang tidak standar atau tidak umum harus dihindari, tetapi jika penting, mereka harus didefinisikan pada penyebutan pertama dalam abstrak itu sendiri. sehingga dapat menjadi dokumen yang berguna dalam sistem temu kembali informasi. Tiga sampai sepuluh kata kunci harus disertakan.
Gambar dan Tabel
Foto, bagan, ilustrasi, dan diagram disebut sebagai "Gambar". Semua gambar dan tabel harus ditempatkan di dalam teks dan diidentifikasi dengan nomor Arab (bukan Romawi) berurutan sesuai urutan rujukannya (nomor terpisah untuk tabel dan gambar). Semua huruf, garis, dan simbol harus berukuran seragam dan dipotong untuk menghilangkan informasi yang tidak relevan. Lebih baik menggunakan beberapa tabel sederhana daripada satu tabel besar dan kompleks. Semua gambar harus jelas dan sesuai untuk pengurangan (hingga 50% ukuran asli). Huruf harus jelas dan harus cukup besar untuk dikurangi dengan proporsi yang sama. Semua tabel dan gambar harus disertai dengan keterangan yang cukup jelas.
Persamaan Matematika
Simbol dan rumus matematika harus diketik. Perhatian khusus harus dilakukan dalam mengidentifikasi semua simbol dan menghindari ambiguitas. Perbedaan harus dibuat antara angka satu (1) dan huruf l, atau i dan antara angka nol (0) dan huruf o. Persamaan harus diberi nomor secara berurutan. Nomor persamaan harus muncul dalam tanda kurung. Semua nomor persamaan harus muncul di sisi kanan persamaan dan harus dirujuk dalam teks. Gunakan urutan kurung berikut; )] }.
Referensi dan Penggunaan Perangkat Lunak Manajemen Referensi
Peningkatan penemuan penelitian dan tinjauan sejawat berkualitas tinggi dipastikan dengan tautan online ke sumber yang dikutip. Untuk memungkinkan kami membuat tautan ke layanan abstrak dan pengindeksan, harap pastikan bahwa data yang diberikan dalam referensi sudah benar. Harap dicatat bahwa nama keluarga yang salah, judul jurnal/buku, tahun publikasi dan pagination dapat mencegah pembuatan tautan.
Harap pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya) menggunakan APA 6th Edition. Hasil yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak disarankan dalam daftar referensi, tetapi dapat disebutkan dalam teks. Jika referensi ini termasuk dalam daftar referensi, mereka harus mengikuti gaya referensi standar jurnal dan harus menyertakan penggantian tanggal publikasi dengan 'Hasil yang tidak dipublikasikan' atau 'Komunikasi pribadi'. Kutipan referensi sebagai 'in press' menyiratkan bahwa item tersebut telah diterima untuk publikasi.
Penulis harus menggunakan perangkat lunak manajemen referensi, seperti Mendeley, Zotero, atau EndNote, untuk kutipan dan untuk menyiapkan daftar referensi. Jika belum ada template yang tersedia untuk jurnal ini, silakan ikuti format referensi sampel dan kutipan seperti yang ditunjukkan dalam Panduan ini.
Contoh Gaya Edisi ke-6 APA:
Attorps, I., Björk, K., & Radic, M. (2017). Generating the patterns of variation with GeoGebra : the case of polynomial approximations. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 47(1), 45–57. https://doi.org/10.1080/0020739X.2015.1046961
Budiman, J., & Susanty, Y. F. (2014). Analisis Komparatif Penerapan Suku Bunga KPR Bank Batam. Jurnal Manajemen, 14(1), 97–124. Retrieved from http://majour.maranatha.edu/index.php/jurnal-manajemen/article/view/1401
Byun, S., Irvin, M. J., Bell, B. A., Irvin, M. J., & Advanced, B. A. B. (2014). Advanced Math Course Taking : Effects on Math Achievement and College Enrollment. THE JOURNAL OF EXPERIMENTAL EDUCATION, 83(4), 439–468. https://doi.org/10.1080/00220973.2014.919570
Edwards, T. G., & Chelst, K. R. (2015). Linear Programming in the Classroom Using GeoGebra. Mathematics Teaching, 8(May), 8.
Verhoef, N. C., Coenders, F., Pieters, J. M., van Smaalen, D., & Tall, D. O. (2015). Professional development through lesson study: teaching the derivative using GeoGebra. Professional Development in Education, 41(1), 109–126. https://doi.org/10.1080/19415257.2014.886285