PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR INPRES LISABHETO
DOI:
https://doi.org/10.31884/nadimas.v2i2.19Kata Kunci:
Kampus Mengajar, Literasi, NumerasiAbstrak
Program kampus mengajar merupakan bentuk pelaksanaan program MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Program ini di peruntukkan mahasiswa di perguruan tinnggi untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikam dasar. Kegiatan kampus mengajar ini meliputi kegiatan literasi dan numerasi walaupun dalam program kampus mengajar terdapat dua fokus kegiatan lainnya yaitu adaptasi teknologi dan administrasi sekolah. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatakan kemampuan literasi numerasi siswa kelas III di Sekolah Dasar Inpres Lisabheto. Jenis penelitian yang dilakukan ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi selama kegiatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program kampus mengajar membawa kebermanfaatan bagi sekolah dan salah satu kebermanfaatan yang diperoleh adalah adanya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas III.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (NADIMAS)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.