SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BUDAYA CIANJUR DI SMP ISLAM AT-TAQWA
DOI:
https://doi.org/10.31884/nadimas.v1i1.7Kata Kunci:
Aljabar, matematika, budayaAbstrak
Pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang sulit dan tidak diminati oleh siswa. Kesulitan yang dihadapi siswa SMP Islam At-Taqwa pada materi aljabar terutama dalam pemahaman konsep. Guru belum memberikan pengalaman yang bermakna pada pembelajarannya melalui pendekatan matematika dengan budaya lokal. Metode pelaksanaan yang digunakan terdiri dari tahap: 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Hasil pelaksanaan dari Analisis Data Angket Respon Siswa terhadap Pembelajaran dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Budaya Cianjur menyatakan bahwa respon siswa dikatakan positif karena rata-rata persentase respon siswa pada tiap aspeknya yaitu 99% dan ini memenuhi kriteria respon siswa yang telah ditetapkan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.