SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BUDAYA CIANJUR DI SMP ISLAM AT-TAQWA

Penulis

  • Rani Sugiarni Univeristas Surykancana
  • Erwan Setiawan Universitas Suryakancana
  • Neneng Pitaloka Kusumah Putri Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.31884/nadimas.v1i1.7

Kata Kunci:

Aljabar, matematika, budaya

Abstrak

Pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang sulit dan tidak diminati oleh siswa. Kesulitan yang dihadapi siswa SMP Islam At-Taqwa pada materi aljabar terutama dalam pemahaman konsep. Guru belum memberikan pengalaman yang bermakna pada pembelajarannya melalui pendekatan matematika dengan budaya lokal. Metode pelaksanaan yang digunakan terdiri dari tahap: 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Hasil pelaksanaan dari Analisis Data Angket Respon Siswa terhadap Pembelajaran dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Budaya Cianjur menyatakan  bahwa respon siswa dikatakan positif karena rata-rata persentase respon siswa pada tiap aspeknya yaitu 99% dan ini memenuhi kriteria respon siswa yang telah ditetapkan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31