EFEKTIFITAS PELATIHAN PNEUMATIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA JURUSAN PERMESINAN DI SMK PGRI JATIBARANG
DOI:
https://doi.org/10.31884/nadimas.v3i2.77Kata Kunci:
Teknologi otomasi; Sistem pneumatic; Pendidikan kejuruan; Efektivitas pelatihan; Pembelajaran berbasis praktikAbstrak
Perkembangan teknologi otomasi dalam industri modern menuntut peningkatan kompetensi teknis pada siswa kejuruan, khususnya dalam bidang pneumatik. Penerapan sistem pneumatik yang meluas dalam proses industri menjadikan penguasaan teknologi ini penting bagi siswa jurusan permesinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan sistem pneumatik bagi siswa Jurusan Permesinan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Jatibarang dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test. Siswa diberikan materi teoritis, pengarahan, dan praktik langsung pada peralatan pneumatik. Hasil analisis menunjukkan rata-rata N-Gain sebesar 0,863, yang termasuk dalam kategori peningkatan tinggi, mengindikasikan bahwa pelatihan ini memiliki dampak signifikan terhadap pemahaman siswa tentang sistem pneumatik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan yang berbasis praktik dan penguatan materi dapat menjadi strategi efektif dalam pendidikan kejuruan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan industri, serta menegaskan pentingnya pendekatan praktik langsung dalam pembelajaran keterampilan teknis.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (NADIMAS)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.